Ruang lingkup pemasaran mobile

    Semakin berkembangnya kemajuan sistem teknologi informasi dan komunikasi, maka menyebabkan semua bidang kehidupan juga mengalami perkembangan. Hal ini juga memengaruhi kegiatan bisnis. Selain menggunakan internet, pemasaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan situs mobile.


1. Sejarah mobile marketing
     Munculnya pemasaran mobile/mobile marketing dimulai pada awal tahun 2000-an saat short message service (SMS) menjadi semakin populer. Di eropa dan asia, bisnis pengumpulan nomor untuk mengirimkan promosi dari produk dan layanan mereka menjadikan SMS menjadi alat promosi yg sah di bagian lain dunia. Sebagai teknologi yang dikembangkan, saluran baru untuk pemasaran mobile mulai muncul, diantaranya:

a. Multimedia message service
    Dengan MMS, pengiklanan dapat                    mengirim pesan teks,video, dan                      slideshow dari gambar produk.

b.Game mobile marketing
    Promosi semacam ini juga dikenal                  sebagai Ad-funded mobile game atau              advergaming.

c.Mobile web marketing
   Disini, produk yang sedang di                           promosikan pada halaman web yang            diakses melalui perangkat mobile.

d.pemasaran via bluetooth dan infrared
   Bluetooth populer pada tahun 2003,               infrared disisi lain adalah bentuk tertua       dari pemasaran mobile.

e.mobile marketing melalui kode quick             response
   Kode QR seperti barcode tapi bukan               hanya sekelompok garis paralel, namun       memiliki dua dimensi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi mobile marketing