Ruang lingkup pemasaran mobile
Semakin berkembangnya kemajuan sistem teknologi informasi dan komunikasi, maka menyebabkan semua bidang kehidupan juga mengalami perkembangan. Hal ini juga memengaruhi kegiatan bisnis. Selain menggunakan internet, pemasaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan situs mobile.
1. Sejarah mobile marketing
Munculnya pemasaran mobile/mobile marketing dimulai pada awal tahun 2000-an saat short message service (SMS) menjadi semakin populer. Di eropa dan asia, bisnis pengumpulan nomor untuk mengirimkan promosi dari produk dan layanan mereka menjadikan SMS menjadi alat promosi yg sah di bagian lain dunia. Sebagai teknologi yang dikembangkan, saluran baru untuk pemasaran mobile mulai muncul, diantaranya:
a. Multimedia message service
Dengan MMS, pengiklanan dapat mengirim pesan teks,video, dan slideshow dari gambar produk.
b.Game mobile marketing
Promosi semacam ini juga dikenal sebagai Ad-funded mobile game atau advergaming.
c.Mobile web marketing
Disini, produk yang sedang di promosikan pada halaman web yang diakses melalui perangkat mobile.
d.pemasaran via bluetooth dan infrared
Bluetooth populer pada tahun 2003, infrared disisi lain adalah bentuk tertua dari pemasaran mobile.
e.mobile marketing melalui kode quick response
Kode QR seperti barcode tapi bukan hanya sekelompok garis paralel, namun memiliki dua dimensi.
a. Multimedia message service
Dengan MMS, pengiklanan dapat mengirim pesan teks,video, dan slideshow dari gambar produk.
b.Game mobile marketing
Promosi semacam ini juga dikenal sebagai Ad-funded mobile game atau advergaming.
c.Mobile web marketing
Disini, produk yang sedang di promosikan pada halaman web yang diakses melalui perangkat mobile.
d.pemasaran via bluetooth dan infrared
Bluetooth populer pada tahun 2003, infrared disisi lain adalah bentuk tertua dari pemasaran mobile.
e.mobile marketing melalui kode quick response
Kode QR seperti barcode tapi bukan hanya sekelompok garis paralel, namun memiliki dua dimensi.
Komentar
Posting Komentar